7 Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Membuat Pemasaran Lebih Mudah

Teknologi sangat berpengaruh besar hampir diseluruh bidang kehidupan, begitu banyak orang yang kagum dengan betapa cepatnya kita maju dengan bantuan teknologi, tidak mengherankan bahwa begitu banyak orang yang tertarik dengan cara kerjanya.

Tidak dapat dipungkiri teknologi telah membuat hidup kita lebih mudah dan nyaman dan bahkan lebih baik lagi dimana saat ini kemajuan teknologi terus meningkat.

Jika anda adalah salah satu pengguna World Wide Web (www) dan setiap harinya terhubung dengan internet yang selalu penasaran tentang teknologi terbaru dan ter-canggih yang ada saat ini, baca terus artikel ini untuk mengetahui tentang tujuh teknologi ter-populer dan teratas tahun 2019-2020 yang akan PopTech ID (populer teknologi) bahas dalam posting-an kami kali ini.

Lihat: 4 Ancaman Keamanan Dunia Maya Yang Harus Diperhatikan Terkait Kemajuan Teknologi Informasi

7 Teknologi Paling Populer dan Trend Tahun 2019 - 2020


1. Augmented Reality, Virtual Reality dan Mixed Reality

Augmented Reality (AR) adalah salah satu teknologi populer yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan benda maya dengan tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi kemudian dari itu akan memberikan suatu gambaran untuk benda-benda maya tersebut dalam waktu yang nyata, sedangkan Virtual reality (VR) adalah teknologi multimedia yang merupakan salah satu bentuk dari aplikasi visualisasi (Virtual Environment) yang memiliki 3 dimensi visual dengan kelebihan yang dapat dilihat dari berbagai sudut.

Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Pemasaran

Virtual Reality (VR) untuk saat ini telah dianggap sebagai pencapaian utama dari tahun-tahun terakhir ini, tetapi Augmented Reality (AR) diperkirakan akan menandingi dan mengalahkan dari pencapaian Virtual Reality (VR) tersebut. Selain itu ada juga teknologi baru dan populer yang ikut dalam kancah persaingan saat ini, yang dikenal dengan Mixed Reality (MR).

Mixed Reality (MR) merupakan penggabungan dari Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) atau bisa kita katakan teknologi ini merupakan penggabungan antara dunia nyata dan dunia virtual, dimana teknologi ini bertujuan agar tercipta interaksi secara fisik dan digital pada waktu yang bersamaan dan untuk menciptakan suatu lingkungan baru.

Ketiga teknologi ini hadir pertama kalinya untuk perusahaan yang bergerak dibidang permainan (game), dan untuk saat ini teknologi ini mulai merambah ke berbagai bidang lain untuk cabang industri yang menggunakan mesin misalnya eksplorasi untuk ruang angkasa, dibidang perawatan kesehatan, desain teknik dan masih banyak lagi bidang-bidang lain yang dapat merasakan memanfaatkan dari teknologi ini.

Teknologi ini akan terus berkembang dengan membawa sebuah aplikasi baru dan tentunya akan mengejutkan untuk semua jenis industri yang ada saat ini. Untuk Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) akan mengubah cara orang bekerja dan berkolaborasi antara satu sama lain dari seluruh dunia. Augmented Reality (AR) diperkirakan menjadi umum untuk perangkat seluler karena tidak seperti Virtual Reality, AR tidak memerlukan inventaris tambahan dan jauh lebih kuat.

2. Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin (Artificial Intelligence dan Machine Learning)

Machine learning adalah cabang aplikasi dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan). Aplikasi ini pada intinya focus untuk pengembangan dari sebuah sistem yang dituntut untuk belajar secara sendiri dimana dari sistem ini manusia yang tidak selalu berulang kali untuk memprogram dan aplikasi ini menggunakan data sebagai dasar pembelajaran dari sistem ini sebelum mengeluarkan suatu data yang telah melewati proses dan siap untuk digunakan.
Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Pemasaran

Sampai saat ini Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) telah berpengaruh besar atau bisa kita katakan telah mengubah dunia dalam perkembangan dan kemajuan teknologi. Bahkan Artificial Intelligence (AI), Kecerdasan Buatan terus berkontribusi terhadap terobosan ilmiah yang bahkan tidak dapat kita impikan.

Di tahun-tahun mendatang, AI dan Machine learning akan menjadi lebih umum di bidang bisnis yang memungkinkan operasi bisnis cerdas yang akan mengubah cara kita melihat manajemen bisnis, sebagai contoh Negara Cina bisa dikatakan menjadi pemimpin dalam hal Kecerdasan Buatan (AI).

Selain itu, Machine Learning juga akan berkontribusi pada kemajuan Kecerdasan Buatan (AI), yang dalam waktu dekat dapat kita lihat dengan perubahan yang positif dengan adanya Robotika, serta kendaraan otonom. Artificial Intelligence (AI) akan menjadi lebih akurat berkat sejumlah besar data yang sekarang dapat dikumpulkan dengan mudah.

3. Internet of Things (Internet untuk Segala)

Internet of Things atau dikenal dengan singkatan IoT adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari suatu objek tertentu punya kemampuan untuk mentransfer data lewat jaringan dengan konektifitas internet yang secara terus menerus selalu tersambung tanpa memerlukan adanya suatu interaksi dari manusia ke manusia lainnya atau dari sebuah perangkat komputer ke salah satu objek.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak dari hacker yang menggunakan Internet of Things atau perangkat IoT untuk membuat sekumpulan program yang saling terhubung melalui Internet yang berkomunikasi dengan program-program lain yang sejenis untuk melakukan suatu tugas tertentu yang disebut dengan botnet dimana mereka menggunakannya untuk mengarahkan lalu lintas yang cukup untuk mengalahkan Dyn, penyedia DNS.

Dynamic DNS (DDNS) adalah sebuah sistem yang memungkinkan anda agar tetap dapat mengakses perangkat di rumah ataupun kantor seperti kamera dan PC walaupun anda memiliki koneksi internet dengan IP dinamik karena DDNS secara otomatis akan mendeteksi IP anda tetapi yang perlu anda lakukan adalah anda tetap mengingat nama Domain saat anda mendaftarkan di sistem DDNS.

Namun, perusahaan yang menghasilkan perangkat IoT yang di indonesia kita kenal adalah IndiHome sekarang mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan keamanan mereka dan membuat perangkat ini lebih aman dari serangan hacker karena Internet of Things (IoT) memiliki banyak potensi dan memberikan banyak peluang untuk bisnis dari semua industri.

Lihat: 5 Dasar Pendukung Jaringan 5G - Indonesia Kapan?

4. Quantum Computing (komputer kuantum)

Komputer kuantum (Quantum Computing) adalah salah satu alat hitung dengan menggunakan sebuah fenomena mekanika kuantum, misalnya superposisi (penjumlahan gelombang) dan keterkaitan, untuk melakukan operasi data. Dalam komputasi klasik jumlah data dihitung dengan bit tetapi dalam komputer kuantum jumlah data dihitung dilakukan dengan qubit.

Setiap saat para ilmuwan selalu berupaya untuk mengembangkan teknologi dan mereka telah memprediksi bahwa sekitar tahun 2030 ada kemungkinan untuk sebuah komputer sudah tidak memiliki dan menggunakan transistor dan chip.

Karena dengan perkembangan teknologi komputer untuk tahun-tahun yang akan datang maka anda dapat membayangkan sebuah komputer yang jauh lebih cepat daripada komputer silikon umum klasik yang ada pada saat ini dan komputer tersebut boleh jadi adalah sebuah komputer kuantum.

Secara teoritis komputer kuantum dapat beroperasi tanpa mengkonsumsi energi yang besar dan miliar-an kali lebih cepat dari komputer yang ada saat ini. Para ilmuwan sudah berpikir dan memandang bahwa sebuah komputer kuantum sebagai generasi berikutnya dari komputer klasik.

Komputer quantum juga dikenal sebagai Supercomputing, Quantum Computing merupakan teknologi baru yang telah menarik perhatian jutaan orang. Untuk membangun komputer kuantum pertama yang berfungsi penuh itu tidak mudah, tetapi para ilmuwan saat ini sedang berpikir semaksimal mungkin untuk mengerjakannya.

Komputer Quantum mungkin akan menjadi layanan berbasis cloud daripada mesin yang selalu berada di tempatnya. Salah satu produsen komputer, IBM sudah menawarkan layanan komputasi kuantum berbasis cloud, tetapi masih banyak kendala dan masih banyak yang kurang untuk menerapkannya.

5. Teknologi Blockchain

Blockchain adalah suatu sistem pencatatan transaksi dalam beberapa database yang tersebar secara luas di lebih dari satu komputer, yang merupakan contoh sistem komputasi terdistribusi dengan Byzantine Fault Tolerance (BFT).

Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Pemasaran

Blockchain akan membantu membawa aplikasi perusahaan pertama menjadi aktif digunakan. Banyak perusahaan terkemuka sudah menerapkan atau berencana untuk mengimplementasikannya untuk meningkatkan kolaborasi serta banyak aspek lain dari bisnis mereka.

Bekerja sama dengan cryptocurrency, Blockchain dikatakan menjadi bagian integral dari setiap bisnis karena menyediakan transparansi transaksional yang sangat dibutuhkan untuk saat ini dan pada kenyataannya Blockchain akan menjadi komponen kunci dari inovasi bisnis.

6. Solusi Cloud Hibrid

Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan antara teknologi komputer (komputasi) dengan teknologi untuk pengembangan yang berbasis Internet. Cloud yang terhubung akan menjadi solusi cloud hybrid berkat banyak perusahaan yang mengandalkan Cloud Computing. Konsumsi layanan cloud hanya akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang dan akan menjadi pasar bernilai ratusan miliar dolar.

Layanan cloud menjadi lebih mudah beradaptasi di berbagai bidang kegiatan yang akan membuat solusi cloud hybrid paling populer di antara berbagai perusahaan dan pada saat yang sama layanan cloud akan menjadi tantangan bagi beberapa bisnis.

Solusi cloud pertama kali dianggap sebagai cara untuk mengurangi biaya dengan menghindari pembangunan infrastruktur untuk teknologi yang luas dan dimulai dari awal. Solusi ini akan terus menghadirkan fleksibilitas dan efisiensi saat kondisi pasar yang berubah.

Beberapa tahun ke depan akan melihat munculnya solusi hybrid dan multi-cloud untuk bisnis karena mereka akan dikembangkan oleh berbagai industri. Mereka memberikan peluang yang tidak bisa dilakukan oleh mesin di lokasi.

Lihat: 5 Alternatif Pencadangan Foto iCloud untuk iPhone

7. Otomatisasi (Automation)

Automation adalah penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin dan melakukan dan mengatur pekerjaan secara otomatis tanpa ada lagi pengawasan dari manusia. Automation bukanlah hal yang baru seperti yang telah ada di berbagai industri untuk saat ini.

Otomatisasi memiliki reputasi yang baik dan menempati posisi pertama dan tidak ada keraguan bahwa dengan teknologi ini dunia akan maju dalam pembangunan untuk tahun-tahun yang akan datang. Sebagai contoh diantaranya Drone, robot, dan kendaraan otonom (mobil tanpa supir) adalah produk otomatisasi yang dikombinasikan dengan Kecerdasan Buatan.

Selain itu, Robotic Process Automatic (RPA) adalah pemanfaatan software yang dalam hal ini disebut dengan robot untuk memproses input data yang biasa dikerjakan oleh manusia secara otomatis dengan sistem komputer untuk mengerjakan pekerjaan secara berulang dan dengan skala yang sangat besar sesuai dengan standar kinerja perusahaan.

Saat ini Robotic Process Automatic (RPA) telah menjadi teknologi yang lebih serius daripada tahun-tahun sebelumnya dengan jumlah robot yang bekerja bersama manusia akan segera mulai tumbuh dengan cepat karena RPA menyebar ke sektor publik juga.

Manfaat Teknologi untuk Membuat Pemasaran Lebih Mudah


Hampir seluruh bidang industri dapat kita rasakan semuanya serba otomatis, selain itu juga masih banyak lagi contoh lainnya yang dapat kita rasakan dari kemajuan teknologi sebagai contoh, mobil yang dapat dikendarai sendiri dan rumah pintar adalah dua kemajuan teknologi sehari-hari yang kita andalkan saat ini.

Tapi dapat kita rasakan secara nyata yang paling berdampak dari kemajuan teknologi adalah di industri bisnis, atau dapat kita lihat bagaimana cara menjalankan bisnis pemasaran dari suatu perusahaan.

Lihat: 12 Software CRM Terbaik - Gratis dan Berbayar

Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Pemasaran

Di bidang bisnis kita kenal dan dapat kita rasakan sebagai pemasaran digital dimana ini merupakan salah satu strategi yang berasal dari metode pemasaran tradisional dan menekankan platform online. Mengingat setiap hari dengan banyaknya pembeli potensial yang menjelajah secara online, dan dari itu dapat kita rasakan betapa kuatnya strategi pemasaran digital yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan pelanggan potensial.

Metode pemasaran tradisional seperti iklan surat kabar dan televisi masih bekerja sampai batas waktu tertentu, dan strategi pemasaran seperti ini jauh lebih mahal daripada strategi pemasaran digital. Fakta sederhananya adalah bahwa pemasaran digital benar-benar membalikkan cara bisnis merek dan mempromosikan diri mereka sendiri.

Jika anda menggunakan strategi ini juga meningkat seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran digital perlahan tapi pasti menjadi lebih berharga untuk bisnis anda dan dapat dilakukan di mana saja. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan dengan dampak teknologi yang akan membuat pemasaran bisnis anda lebih mudah.

Lihat: Tips-Tips Menjalankan Bisnis Anda Dari Rumah

1. Marketing Automation (Kampanye Otomatis)

Seperti yang diketahui oleh banyak pemilik bisnis, banyak faktor yang digunakan untuk menjalankan bisnis yang sukses dan ini termasuk harus menciptakan budaya perusahaan yang kuat, mempekerjakan karyawan, dan faktor-faktor serupa lainnya.

Sejauh menyangkut untuk pemasaran, teknologi telah membuatnya sehingga kampanye pemasaran digital dapat dilakukan secara otomatis. Dengan filter instalasi sederhana, bisnis apa pun dapat fokus pada area lain sementara kampanye pemasarannya berjalan sesuai dengan spesifikasinya.

2. Strategi Akuisisi yang Ditargetkan (Acquisition strategy)

Manfaat lain yang dimungkinkan oleh teknologi dalam pemasaran adalah strategi akuisisi yang ditargetkan. Strategi-strategi ini cukup jelas karena merupakan strategi yang digunakan untuk memperoleh klien tertentu dengan kualifikasi spesifik.

Strategi Akuisisi adalah alat yang ampuh untuk bisnis jika mereka dapat mengetahui siapa klien mereka karena begitu mereka tahu siapa klien mereka, mereka dapat memasarkannya dengan presisi menghemat waktu dan uang yang berharga di sepanjang jalan.

3. Kustomisasi Cepat & Mudah

Customization merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan oleh suatu perusahaan dengan menciptakan dan memberikan suatu produk atau pun jasa kepada konsumen sesuai dengan kebutuhan dari konsumen tersebut.

Karena itu, bisnis harus siap dengan dana darurat, perlindungan hukum, dan segala bentuk perlindungan terhadap perubahan yang bisa saja terjadi secara mendadak. Kegiatan bisnis ini juga termasuk memiliki kemampuan untuk membuat suatu perubahan yang drastis dengan Marketing Automation (kampanye pemasaran).

Saat ini untuk semua platform kampanye memberi pengguna kemampuan untuk membuat kustomisasi luas atau spesifik sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Optimasi Situs Web yang Relevan

Ketika datang ke pemasaran digital, situs web dipandang sebagai fondasi dasar kampanye yang baik. Semakin relevan dan banyak akal, semakin tinggi peluang untuk mendapatkan konversi dari pengunjung situs web.

Situs web yang relevan adalah manfaat lain yang telah dibuat dan dihasilkan dari teknologi dalam bidang pemasaran. Secara khusus, pemilik situs web dapat melakukan banyak hal ke situs web termasuk menambahkan keranjang belanja, memasang host untuk selalu terhubung dengan yang lainnya dan juga dapat membuat tema website anda.

5. Pemasaran Jarak Jauh

Salah satu perubahan paling nyata yang dimungkinkan dengan kemajuan teknologi ini adalah anda dapat mengendalikan pekerjaan dari jarak jauh. Saat ini para pekerja dapat bekerja dari mana saja dan bekerja sesuai yang mereka inginkan dan perubahan ini juga termasuk mampu menjalankan Marketing Automation (kampanye pemasaran) dari jarak jauh juga.

Selama pengguna memiliki akses internet, mereka dapat membuat perubahan apa pun pada Marketing Automation (kampanye pemasaran) mereka dari mana saja.

6. Promosi Media Sosial

Mungkin cara paling populer dari kemajuan teknologi yang bisa kita rasakan saat ini yang membuat pemasaran lebih mudah adalah dengan melibatkan media sosial (Instagram, YouTube, Blog, Twitter, dll).

Lihat: 9 Cara Hebat Meningkatkan Pengikut Instagram Untuk Bisnis Anda

Influencer adalah seseorang yang memiliki followers banyak dan orang tersebut memiliki pengaruh kuat bagi followers-nya. Mengingat betapa besar platform media sosial saat ini, pemasaran melalui platform mereka sekarang dapat sama kuatnya dengan metode seperti pemasaran influencer. Selain itu, alat-alat seperti influencer marketing software dan riset analitik dapat digunakan untuk mendapatkan manfaat lebih lanjut dari strategi ini.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi begitu kita rasakan saat ini, dimana para ilmuwan selalu berupaya dan berusaha untuk menciptakan hal-hal baru dan tentunya dapat bermanfaat, secara keseluruhan tidak masalah apakah anda lebih tertarik pada Kecerdasan Buatan (AI), Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) karenanya pasti ada sesuatu yang akan membuat anda senang untuk menemukan  sesuatu yang baru di tahun-tahun mendatang.

Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Pemasaran

Seperti yang bisa kita lihat, kita banyak tertinggal dengan kemajuan teknologi dan dampaknya pada banyak bidang lainnya. Selain dalam kemajuan dibidang pemasaran digital, kita hidup di masa yang tidak pernah kita prediksi sebelumnya. Secara keseluruhan, kemajuan teknologi menarik kita untuk mengikuti perkembangannya, bagaimana teknologi dan pemasaran akan menjadi lebih baik dalam waktu yang akan datang.

Lihat: Bagaimana Cara Memperkenalkan Bisnis Anda di Instagram Untuk tahun 2019?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "7 Teknologi Trend Tahun 2019-2020 dan Manfaat Teknologi Untuk Membuat Pemasaran Lebih Mudah"

Posting Komentar

teknologi

gadget

sistem operasi

android