Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Microsoft Excel - Ms Excel Dasar

Saat ini, dalam pekerjaan apapun kita tidak dapat terlepas dari aplikasi pemrosesan kata dan angka, yang dalam hal ini yang paling sering kita gunakan adalah Microsoft Office.
tutorial ms excel dasar

Hampir semua bidang pekerjaan apapun pasti membutuhkan keterampilan Ms Office dasar. Dan kali ini PopTech ID (populer teknologi) secara khusus dan eksklusif akan membahas tutorial dasar tentang Microsoft Excel.

Tutorial Microsoft Excel - Basic Ms Excel


Keterampilan Excel dasar ini adalah untuk pengenalan pita dasar & UI Excel, kemampuan untuk memasukkan dan memformat data, menghitung total dan ringkasan melalui rumus.

Menyorot data yang memenuhi ketentuan tertentu, membuat laporan dan bagan sederhana, memahami pentingnya pintasan keyboard dan trik produktivitas.

Semua tutorial dasar excel ini kami berikan berdasarkan pengalaman Admin PopTech ID selama bekerja dan menggunakan ms. excel.

Berikut ini adalah 6 bagian inti yang akan membentuk keterampilan Ms Excel dasar Anda.

MEMULAI MS EXCEL


Ms Excel adalah aplikasi besar milik microsoft, dengan 1000 fitur dan 100-an perintah pita (menu).

Saat Anda pertama kali membuka aplikasi ini, maka akan akan sangat mudah Anda dibuat bingung dengan beragam tampilan ikon dan Ribbon (menu) dari Ms Excel ini.

Untuk itu salah satu keterampilan dasar untuk mampu mempelajari dan memahami semua fitur Ms Excel ini sampai nanti Anda menjadi mahir dalam penggunaannya adalah bagaimana cara memahami dan menavigasi Excel dan mengakses fitur yang Anda cari.

Ketika Anda membuka Excel, inilah tampilannya.

tutorial ms excel dasar

Ada 5 area penting di layar.

1. Quick Access Toolbar: 

Ini adalah tempat di mana semua alat penting dapat ditempatkan. Ketika Anda memulai Ms Excel untuk pertama kalinya, ia hanya memiliki 3 ikon (Save, Undo, Redo).

Tetapi Anda dapat menambahkan fitur Excel apa pun ke Quick Access Toolbar ini, sehingga Anda dapat mengaksesnya dengan mudah dari mana saja (sesuai namanya "Toolbar Akses Cepat").

2. Ribbon: 

Ribbon/ Pita seperti menu yang diperluas ini menggambarkan semua fitur Excel dalam bentuk yang mudah dimengerti.

Karena Excel memiliki 1000 fitur, mereka dikelompokkan ke dalam beberapa Ribbon/ Pita. Pita yang paling penting adalah - Home, Insert, Formulas, Page Layout & Data.

3. Formula Bar: 

Di sinilah setiap perhitungan atau rumus yang Anda tulis akan muncul. Anda akan memahami relevansinya setelah Anda mulai membuat rumus.

4. Spreadsheet Grid: 

Di sinilah semua angka, data, grafik dan gambar dibuat.

Setiap file Excel dapat berisi beberapa lembar, namun, kotak spreadsheet menunjukkan beberapa baris dan kolom spreadsheet aktif.

Untuk melihat lebih banyak baris atau kolom, Anda dapat menggunakan bilah gulir ke kiri atau di bawah. Jika Anda ingin mengakses lembaran lain, cukup klik pada nama sheet (atau gunakan shortcut CTRL + Page Up atau CTRL + Page Down).

5. Status bar: 

Ini memberitahu kita apa yang terjadi dengan Ms Excel kapan saja.

Anda dapat mengetahui apakah Ms Excel sibuk menghitung rumus, membuat laporan, atau merekam makro hanya dengan melihat dibilah status.

Bilah status juga menunjukkan ringkasan cepat dari sel yang dipilih (count, sum, average, minimum or maximum values). Anda dapat mengubah ini dengan mengklik kanan padanya dan memilih ringkasan mana yang akan ditampilkan.

MEMASUKKAN DAN MEMFORMAT DATA, ANGKA SERTA TABEL


Penanganan Data akan menjadi salah satu alasan utama mengapa Anda harus menggunakan Ms Excel.

Ms Excel cukup intuitif dan mudah digunakan ketika Anda harus mengetik data atau menanganinya.

Karena sifat grid-nya, ia dapat menyimpan dan mengelola ribuan titik data dengan mudah.

​​Dibangun dalam fitur seperti copy, paste, find, highlight, go to, styles, dll. Membuat proses pemeliharaan data menjadi sangat mudah bagi Anda.

SUMBER DAYA UNTUK MEMPELAJARI PENANGANAN DAN PEMFORMATAN DATA

1. Mengetik dan Memformat Data di Excel
2. 8 tips untuk memformat buku kerja (workbooks) (next posting)
3. Mengesankan atasan dengan format spreadsheet (next posting)
4. Pengantar Tabel Excel (next posting)
5. Menggunakan Tabel untuk menangani data dengan lebih baik (next posting)

MENGHITUNG JUMLAH DAN RINGKASAN MENGGUNAKAN RUMUS

Rumus membuat Excel menjadi pintar. Tanpa rumus, Excel hanya seperti kotak besar di mana Anda dapat menyimpan data.

Dengan menggunakannya, Anda dapat menghitung total, ringkasan, menjawab pertanyaan dan mendapatkan wawasan.

Dibangun dalam fitur seperti Autosum membuatnya sangat mudah untuk menulis rumus untuk kebutuhan Anda tanpa berpikir atau belajar banyak.

SUMBER DAYA UNTUK MEMPELAJARI RUMUS EXCEL

1. Pengantar Rumus (next posting)
2. Pengantar rumus IF dalam Excel (next posting)
3. 10 formula teratas untuk calon analis dan manajer (next posting)
4. 15 rumus penting untuk semua orang (next posting)
5. 51 Rumus Excel sehari-hari dijelaskan dalam bahasa Inggris (next posting)

PEMFORMATAN BERSYARAT

Pemformatan bersyarat adalah fitur kuat di Excel yang sering kali jarang dimanfaatkan. Dengan menggunakan pemformatan bersyarat, Anda dapat memberi tahu Excel untuk menyorot bagian dari data Anda untuk memenuhi ketentuan apa pun yang Anda tentukan.

Misalnya: menyoroti 10 pelanggan teratas, karyawan yang kinerjanya di bawah rata-rata, dll.

Sementara siapa pun dapat menyiapkan aturan pemformatan bersyarat sederhana, pengguna Excel tingkat lanjut dapat melakukan lebih banyak hal lainnya.

Mereka dapat menggabungkan formula dengan pemformatan bersyarat untuk menyorot data yang memenuhi hampir semua kondisi.

SUMBER DAYA UNTUK MEMPELAJARI PEMFORMATAN KONDISIONAL LANJUTAN

1. Apa yang dimaksud dengan pemformatan bersyarat (next posting)
2. Pengantar Pemformatan Bersyarat (next posting)
3. 5 Tips tentang CF (next posting)
4. Highlighting Duplicates (next posting)
4. Lainnya (next posting)

MEMBUAT LAPORAN DENGAN CEPAT

Alasan nomor 1 mengapa Excel digunakan dalam bisnis adalah ini - Untuk membuat laporan atau bagan.

Saat memasukkan data, menghitung total atau memformat tabel itu mudah, membuat laporan sering kali merupakan tugas yang sangat kompleks yang membutuhkan waktu belajar sampai berhari-hari dan memakan waktu jam kerja.

Untungnya, tidak semuanya rumit jika Anda mempelajarinya dengan benar. Mulailah dengan mengikuti tautan di bawah ini.

SUMBER DAYA PADA LAPORAN DAN GRAFIK

1. Pivot Tables - Fitur pelaporan cepat dan mudah dari Excel (next posting)
2. Membuat laporan pivot (next posting)
3. Bagaimana memilih bagan yang benar untuk situasi apa pun? (next posting)
4. Membuat grafik di Excel (next posting)

MENGGUNAKAN EXCEL SECARA PRODUKTIF

Tidaklah cukup hanya untuk mengetahui berbagai fitur Excel. Sebagai pemula, ada gunanya Anda mengetahui cara menggunakan Excel secara produktif. Ini termasuk mengetahui pintasan keyboard penting, pintasan mouse, work-around, penyesuaian Excel, dan cara menjadikan semuanya terlihat apik.

SUMBER DAYA UNTUK MENGGUNAKAN EXCEL SECARA PRODUKTIF

1. Keyboard Shortcuts (next posting)
2. Mouse Shortcuts (next posting)
3. Excel Productivity Tips (next posting)
4. Membuat buku kerja Excel lebih baik (next posting)
5. Pintasan & trik produktivitas penting (next posting)
6. 10 hal teratas yang dapat Anda lakukan di Excel dalam 10 menit (next posting)

BEYOND BASICS - MENJADI LUAR BIASA DI EXCEL


Setelah Anda mengetahui dasar-dasar Excel, kemungkinan besarnya adalah Anda akan meminta lebih banyak lagi. Alasannya sederhana, manusia tidak pernah berhenti untuk belajar dan tidak pernah puas akan sesuatu.

Jadi, siapapun yang memiliki keahlian Excel yang baik selalu dicari. Bos Anda mencintai Anda karena Anda dapat menyelesaikan pekerjaan dengan sangat mudah. Pelanggan Anda menyukai Anda karena Anda membuat hal-hal yang mengesankan. Kolega Anda iri karena buku kerja Anda yang bersinar dan mudah digunakan. Dan Anda ingin lebih, karena Anda telah melihat hasil Excel yang luar biasa, Semoga Bermanfaat.
Awam Bicara
Awam Bicara Hanya orang awam yang hobby ngeblog

Posting Komentar untuk "Tutorial Microsoft Excel - Ms Excel Dasar"